Mau UANG???... Buruan GRATIS Registrasi KLIK DISINI

Jumat, 03 September 2010

Kasada dan Pluralisme

Warta Jatim, Probolinggo - Perayaan Yadnya Kasada di kawasan gunung Bromo (26/8)  telah mengajarkan banyak hal. Perayaan yang digelar pada malam 16 Purnama Sidi ini, tidak hanya diikuti umat Hindu dari Suku Tengger saja.

Lima ribu manusia yang berasal dari berbagai golongan, etnis dan agama, bersatu padu dalam kebersamaan dalam merayakan upacara persembahan hasil bumi dan pertanian kepada para dewa.

Pemangku Pura Luhur Poten Bromo, Prawoto mengatakan, secara khusus Kasada memang hanya diperuntukkan bagi umat Hindu saja. Namun, bagi siapapun yang ingin mengikutinya, tidak akan dilarang.

Upacara persembahan dengan kurban utama seekor kerbau yang dilarung ke dalam kawah gunung Bromo ini, telah memberikan pelajaran bagi manusia, untuk saling menghormati baik dengan sesama dan alam. Kasada juga telah menyadarkan manusia, tentang pentingnya ucapan rasa syukur kepada Sang Hyang Widhi atau Tuhan.

Dengan mensyukuri apa yang telah diberikan Sang Hyang Widhi, niscaya manusia akan hidup damai, dalam kebersamaan serta keberagamaan budaya dan agama. (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar