Mau UANG???... Buruan GRATIS Registrasi KLIK DISINI

Rabu, 24 November 2010

Pemprov Jatim Siapkan 4 Lokasi Evakuasi Letusan Gunung Bromo

Warta Jatim, Probolinggo– Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan 4 lokasi evakuasi warga yang tinggal di sekitar Gunung Bromo. Empat tempat tersebut tersebar di Kecamatan Ngadisari dan Sukapura, Probolinggo.

Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf mengatakan, evakuasi akan dilakukan jika Gunung Bromo meletus dalam skala besar. Keputusan mengungsikan warga juga tergantung perluasan daerah rawan bencana, sesuai ketentuan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana.

”Kami sudah menyiapkan skenario evakuasi. Semuanya tergantung situasi terakhir,” kata Syaifullah Yusuf di posko bencana Gunung Bromo, Rabu (24/11).

Menurut Syaifullah Yusuf, pihaknya sudah menyiapkan anggaran Rp 2,5 miliar untuk biaya hidup pengungsi. Jika kurang, Pemprov Jatim akan menggelontorkan dana tambahan Rp 50 miliar dari anggaran tanggap darurat.

Di tempat terpisah, Kepala Pos Pemantauan Gunung Bromo Syafii memperkirakan letusan Gunung Bromo tidak akan besar. Lontaran batu pijar dari kawah hanya akan menjangkau daerah dalam radius 2 kilometer.

”Selama ini letusan Gunung Bromo hanya menjadi lautan pasir. Meski demikian, kami tetap berjaga dan waspada menghadapai segala kemungkinan,” ujar Syafii.(red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar