Mau UANG???... Buruan GRATIS Registrasi KLIK DISINI

Minggu, 12 Desember 2010

Perempuan Surabaya Belajar Batik

Warta Jatim, Surabaya – Kaum perempuan Surabaya sedang getol belajar membatik. Ibu-ibu warga Kelurahan Gading, Lebak, misalnya, setiap Sabtu dan Minggu bersemangat mengikuti pelatihan membatik.

Program pemberdayaan Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Surabaya ini dikhususkan perempuan yang tidak memiliki usaha agar dapat mandiri secara ekonomi. 

“Dengan pelatihan ini, kami harapkan muncul perempuan mandiri dan memiliki keterampilan,” kata Pujiati, instruktur pelatihan, Minggu (12/12).

Menurut Pujiati, pelatihan membatik difokuskan pada jenis taedae atau batik celup. Peserta diajari teknik batik celup mulai dari garis, lingkaran, delujur, pusaran, dan simpul. 

Ada empat tahap dalam membuat batik celup, yaitu mengikat kain, pewarnaan, pencelupan, dan menjahit. Produknya bisa berupa baju, taplak meja, sarung bantal, guling, dan rok.

Badan Pemberdayaan Masyarakat telah menyiapkan pemasaran hasil batik melalui ker jasama dengan beberapa butik batik di Surabaya. Menurut Pujiati, pembagian  hasil akan diatur dalam tahap selanjutnya.(red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar