Mau UANG???... Buruan GRATIS Registrasi KLIK DISINI

Senin, 28 Februari 2011

Sidoarjo Tolak Ekplorasi Lapindo


Warta Jatim, Sidoarjo – PemerintahKabupaten Sidoarjo menolak rencana ekplorasi minyak PT Lapindo Brantas Inc di Sumur Kalidawir, Tanggulangin, dan di Desa Kebonagung, Kecamatan Porong. 

PT Lapindo Brantas belum menyelesaikan kewajiban atas semburan lumpur di Sumur Banjar Panji I di Desa Renokenongo, Porong. "Selesaikan dulu persoalan lumpur Lapindo. Masih banyak masalah sosial yang harus diatasi," kata Bupati Saiful Ilah.

PT Lapino Brantas telah mengeksploitasi gas bumi di Desa Kalidawir. Hingga kini ada sekitar 4 ribu rumah tangga yang menggunakan gas bumi dari Lapindo.

Saiful mengakui bukan pekerjaan mudah melarang PT Lapindo Brantas melakukan eksplorasi di Tanggulangin. Pasalnya, izin eksplorasi telah dikeluarkan BP Migas jauh sebelum semburan lumpur di Sumur Banjar Panji I. "Memang di kawasan Kalidawir ada sekitar 3 titik yang belum dieksplorasi, namun kami tetap tidak akan mengeluarkan ijin," katanya.

Titik pengeboran minyak di Sumur Kalidawir sebenarnya enam titik. Namun, tiga di antaranya belum dieksplorasi. Pemkab tidak mengeluarkan izin eksplorasi dan warga menolak. Warga trauma dan tidak semburan lumpur seperti di Porong terjadi di wilayah mereka. 

Wakil Ketua Komisi B DPRD Sidoarjo Sungkono meminta BPH Migas mengkaji ulang izin eksploitasi PT Lapindo Brantas dan mengawasi eksploitasi yang dilakukannya. "Sesuai aturan, seluruh izin eskpoitasi Lapindo harus ditinjau ulang," ujarnya. (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar