Mau UANG???... Buruan GRATIS Registrasi KLIK DISINI

Selasa, 21 Oktober 2008

1 dari 4 Orang Indonesia Sakit Jiwa

Warta Jatim, Surabaya - Satu dari empat orang Indonesia mengidap gangguan jiwa. Faktor psikologis yang menyebabkan meningkatnya stres memicu penyakit ini. Hal itu terungkap dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional di Surabaya, Selasa (21/10).

Pada kesempatan itu Direktur Jenderal Pelayanan Medik Departemen Kesehatan Farid Husein mengatakan, setiap orang berpotensi mengalami gangguan jiwa. Namun, ketahanan tubuh dan psikologis seseorang dalam menghadapi masalah menjadi faktor penentu sakit jiwa.

Faktor keluarga dapat menjadi penyebab terbesar gangguan jiwa. Namun faktor dukungan keluarga juga menjadi penentu kesembuhan pasien sakit jiwa. "Intinya, kesembuhan pengidap gangguan jiwa tergantung sikap dan perilaku keluarga. Jika memberikan perhatian lebih dengan penuh kasih sayang, penyembuhan bisa lebih cepat," kata Farid Husein.

Menteri Kesehatan Siti Fadillah Supari mengatakan, untuk mengatasi masalah gangguan jiwa di Indonesia, pihaknya mencanangkan gerakan desa siaga. Depkes akan memusatkan pengobatan dan pencegahan dini pasien sakit jiwa di desa-desa yang dibiayai daerah masing-masing.

Untuk tahap awal program desa siaga itu dilakukan di 21 desa pada 20 Oktober kemarin. "Untuk proyek percontohan, kami mengambil satu desa di Bogor dan 20 desa di Aceh," ujar Siti Fadillah Supari. (red)

1 komentar:

  1. Artikel anda di

    http://psikologi.infogue.com/1_dari_4_orang_indonesia_sakit_jiwa

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

    BalasHapus