Mau UANG???... Buruan GRATIS Registrasi KLIK DISINI

Minggu, 19 Oktober 2008

AIDS di Malang Meningkat, 770 Orang Positif

Warta Jatim, Surabaya - Jumlah pengidap AIDS di kota Malang mencapai 770 orang. Saat ini Malang menempati urutan ke-2 jumlah pengidap AIDS terbanyak di Jawa Timur setelah Surabaya.

Ketua Komite Penanggulangan AIDS Kota Malang Sutiarsi mengatakan, pengidap AIDS di wilayahnya rata-rata didominasi pria dan pengguna narkotika jenis jarum suntik. Untuk menekan jumlah penderita AIDS, pihaknya akan melakukan survei dan konseling bekerja sama dengan LSM dan masyarakat. 

"Kami telah melakukan beberapa langkah untuk mengatasi penyebaran AIDS. Di antaranya melakukan penyuluhan dan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya penyakit ini," kata Sutiarsi via telepon, Senin (20/10). 

Menurut Sutiarsi, di Malang setiap bulan ditemukan sekitar 10 pengidap AIDS baru. Jumlah tersebut dapat bertambah karena banyak penderita yang belum terdeteksi. Berdasarkan data Rumah Sakit Syaiful Anwar Malang tercatat 321 orang terserang HIV selama tahun 2005-2007. 

Menurut Sutiarsi, pemeriksaan AIDS selama ini hanya dilakukan terhadap orang-orang yang berisiko tinggi terkena HIV, seperti pekerja seks komersial, transgender, gay, dan pengguna narkotika jenis jarum suntik. (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar