Mau UANG???... Buruan GRATIS Registrasi KLIK DISINI

Senin, 01 Desember 2008

Turun Harga, Surabaya Langka BBM Premium

Warta Jatim, Surabaya - Turunnya harga bahan bakar minyak jenis premium Rp 500 menjadi Rp 5.500 per liter mulai pukul 00.00 WIB Senin (1/12) diikuti kelangkaan premium di kota Surabaya. Bahkan beberapa SPBU, antara lain di Jalan Mayjen Sungkono, Jalan Sulawesi, Jalan Rajawali, dan Jalan Mastrip, kehabisan stok BBM premium.

Kelangkaan BBM di beberapa SPBU diduga karena keterlambatan pasokan dari PT Pertamina. Namun, Pertamina menuding SPBU penyebab kelangkaan BBM jenis premium. Humas Pertamina Jatim Evi Rofraida mengatakan, setelah melakukan survei lapangan diketahui SPBU kehabisan stok BBM karena pemiliknya bertindak curang, dengan tidak mau menebus BBM harga baru karena takut rugi.

Guna mengatasi kelangkaan BBM itu PT Pertamina, kata Evi, mengeluarkan tiga kebijakan bagi pemilik SPBU. Pertama, memberikan kompensasi atas penurunan harga BBM sebesar Rp 80 per liter. Kedua, SPBU yang tidak membuat delivery order (DO) hingga hari ini diberi sanksi berupa tidak dikirim BBM jenis premium selama 14 hari ke depan. Opsi ketiga, bagi SPBU yang telah membuat DO pada tanggal sebelum penurunan harga, maka selisih harga akan diperhitungkan pada pembelian selanjutnya.

"Kebijakan ini kami lakukan agar masyarakat tidak dirugikan oleh ulah SPBU nakal. Bagaimanapun, BBM jenis premium masih menjadi kebutuhan masyarakat Jatim," kata Evi.

Menurut Evi, PT Pertamina akan menindak tegas pemilik SPBU yang berbuat curang. Bila ditemukan bukti yang kuat, izin operasional SPBU itu akan ditinjau ulang, bila perlu dicabut. Pasokan BBM Jawa Timur saat ini jenis premium 6.000 kiloliter per hari dan solar 4.500 kiloliter per hari. Pasokan tersebut setidaknya cukup untuk 10 hari ke depan. (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar