Mau UANG???... Buruan GRATIS Registrasi KLIK DISINI

Jumat, 26 Juni 2009

Muncul Lagi Semburan Besar di Siring Barat

Warta Jatim, Surabaya - Semburan baru muncul di sekitar pusat semburan lumpur Lapindo di Desa Siring Barat, Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Tidak hanya menyemburkan air dan gas, semburan ini juga mengeluarkan materi padat lumpur, mencapai ketinggian 50 cm hingga 1 meter.

Humas Biro Penanggulangan Lumpur Sidoarjo Ahmad Zulkarnaen mengatakan, semburan baru ini terbesar di antara 129 semburan sebelumnya. "Karakter semburan baru ini cenderung berbeda dari semburan sebelumnya. Biasanya berupa gas metan dan material padat pasir, tapi semburan di rumah Pak Oki (warga Siring Barat) ini materinya padat lumpur," kata Zulkarnaen, Jumat (26/6).

Menurut Zulkarnaen, munculnya semburan baru karena dinamika geologi permukaan bawah tanah akibat beban berat di atas permukaan kolam penampungan lumpur Lapindo di sekitar pusat semburan. Akibatnya, tekanan tanah di sebelah barat pusat semburan lumpur membesar dan menciptakan sesar yang makin labil.

Zulkarnaen belum bisa memastikan berapa lama semburan baru itu akan berhenti. BPLS akan melokalisasi semburan lumpur baru dengan memasang jaring pengaman. Juga memasang papan peringatan agar pengunjung atau warga tidak menyalakan api dan handphone di sekitar semburan baru. "Kami juga akan mengevakuasi keluarga Pak Oki yang di rumahnya muncul sumber baru tersebut," ujarnya.(red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar