Mau UANG???... Buruan GRATIS Registrasi KLIK DISINI

Senin, 01 Februari 2010

5.100 Warga Jawa Timur Menderita Kusta

Warta Jatim, Surabaya – Sebanyak 5.100 warga Jawa Timur menderita kusta. Dari keseluruhan 17.000 penderita kusta di Indonesia, 30% penderita asal Jatim, dan merupakan terbanyak. Penderita kusta terbanyak di Pulau Mandangin, Kabupaten Sampang, Madura.

Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf mengatakan, banyaknya penderita kusta di Mandangin memang sudah berlangsung lama. Pulau tersebut dulu merupakan tempat penampungan penderita kusta.

Untuk menekan angka penderita kusta, Pemprov Jatim telah menyiapkan dana Rp 2,5 miliar yang diambilkan dari APBD 2010. Selain itu, juga akan memaksimalkan dana hibah dari World Health Organization untuk penanggulangan kusta.

“Dengan jumlah penderita sedemikian besar, tak heran Jatim menduduki peringkat teratas, sekaligus menempatkan Indonesia di tiga besar penderita terbanyak di dunia. Perlu kerja keras semua pihak untuk meminimalkan jumlahnya,” ujar Syaifullah, Senin (1/2).

Pemprov Jatim juga akan memaksimalkan peran rumah sakit khusus kusta di Kediri dan Mojokerto. Pemprov akan menjalin kerja sama dengan banyak pihak dan mengimbau masyarakat agar melakukan tindakan preventif dan tidak mendiskriminasikan penderita kusta.(red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar