Mau UANG???... Buruan GRATIS Registrasi KLIK DISINI

Minggu, 15 Maret 2009

38 Parpol di Jawa Timur Tumpengan Kampanye Damai


Warta Jatim, Surabaya – Perwakilan 38 partai politik peserta Pemilu 2009 hadir dalam kampanye damai yang digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah Jawa Timur di Tugu Pahlawan, Surabaya, Senin (16/3). Setiap parpol yang diwakili 10 kadernya diwajibkan membawa 2 tumpeng untuk disantap bersama.

Ketua KPUD Jatim Nikmatul Hidayati mengatakan, acara tumpengan ini dilakukan untuk mempererat silahturahmi antarparpol peserta pemilu. Diharapkan tidak ada kerusuhan atau konflik antarmassa pendukung parpol selama kampanye.

“Kami berharap pemilu kali ini berjalan damai tanpa kekerasan. Kami ingin membuktikan Jatim dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam pelaksanaan pesta demokrasi secara damai,” kata Nikmatul Hidayati.

Dalam deklarasi pemilu damai itu KPUD Jatim menyampaikan 3 poin kesepakatan yang disetujui seluruh peserta Pemilu 2009. Tiga poin kesepakatan adalah mematuhi semua aturan Kampanye; siap menang atau kalah, dan mendukung yang menang; serta melaksanakan kampanye secara tertib dan damai.

Gubernur Jatim Sukarwo dalam sambutannya meminta para juru kampanye tidak memprovokasi massa. Sebab, masyarakat Jatim tidak tertarik terhadap isu-isu yang memicu konflik. “Berdasarkan pengalaman pemilihan gubernur lalu, masyarakat Jatim tidak akan memilih calon atau parpol yang pada saat kampanye mengeluarkan pernyataan-pernyataan provokatif,” ujarnya.

Menurut Sukarwo, masyarakat Jatim lebih tertarik isu kampanye yang menghargai pluralisme serta keberagaman adat dan budaya. Masyarakat juga berharap partai politik menjelaskan program kerja jika menang pemilu. (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar