Mau UANG???... Buruan GRATIS Registrasi KLIK DISINI

Selasa, 24 Maret 2009

RSJ Surabaya Siapkan Kamar Khusus untuk Caleg

Warta Jatim,Surabaya Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya menyiapkan 30 kamar perawatan very important person (VIP) untuk pasien gangguan jiwa selepas Pemilihan Umum 2009. Banyak pihak memprediksi penderita gangguan jiwa akan bertambah karena kecewa atas hasil pemilu.

Direktur Utama RSJ Menur Hendro Riyanto mengatakan, sebagai antisipasi pihaknya menyediakan 30 kamar VIP berfasilitas lengkap untuk calon anggota legislatif yang mengalami gangguan jiwa jika tidak terpilih.

Menurut Hendro, selain menyediakan kamar VIP, pihaknya juga menambah perawat dan fasilitas pendukung lainnya. Di antaranya 8 tenaga psikiatris, 10 dokter umum, dan 1 unit mobil ambulans penjemput.

Berdasarkan pengalaman Pemilu 2004, RSJ Menur kebanjiran pasien berlatar belakang caleg seusai pemilu. “Meski belum menghitung berapa data pastinya, saya pastikan pasien seperti itu tetap ada. Inilah yang kita antisipasi,” kata Hendro, Selasa (24/3).

Menurut Hendro, tarif kamar perawatan VIP yang dilengkapi pendingin ruangan, televisi, dan kamar mandi Rp 350 ribu per hari. Sedangkan tarif kamar Rp 25 ribu per hari.

Di tempat terpisah, Andreas, psikolog yang membuka praktik di Surabaya, menyambut baik antisipasi RSJ Menur. Menurut dia, setelah pemilihan legislatif 9 April nanti, penderita penyakit jiwa diperkirakan bertambah. Hal itu berhubungan dengan tingginya tekanan psikologis yang dialami caleg.

“Sebagian besar caleg bermodalkan pinjaman dari orang-orang terdekat, hingga menggadaikan tanah dan barang berharga. Tentu akan kelimpungan untuk mengembalikannya. Caleg-caleg seperti inilah yang rawan mengalami gangguan jiwa,” ujarnya.

Andreas memastikan jumlah caleg yang mengalami gangguan jiwa setelah Pemilu 2009 meningkat dibandingkan pada pemilu sebelumnya. Sebab, pemilu kali ini melibatkan lebih banyak caleg. (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar