Mau UANG???... Buruan GRATIS Registrasi KLIK DISINI

Selasa, 17 Maret 2009

Kampanye Partai Gerindra Libatkan Anak-anak


Warta Jatim, Sidoarjo - Terjadi banyak pelanggaran tata tertib dan aturan pada kampanye terbuka Partai Gerindra di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (17/3). Di antaranya, masih banyak peserta kampanye membawa anak-anak. Beberapa peserta mengaku membawa anak-anak karena tidak ada yang menjaga di rumah.

Sulistyowati, misalnya. Ibu rumah tangga asal Sukodono ini mengaku mengajak anaknya karena suaminya sedang bekerja. Ibu ini mengaku tidak tahu soal larangan membawa anak dalam kampanye. "Selama ini tidak pernah tahu bahwa apa yang saya lakukan ini melanggar aturan," ujarnya.

Selain masih ada anak-anak di bawah umur, kampanye Partai Gerindra diduga menggunakan praktik politik uang. Eko, warga Banjaran, Gresik, mengakui dirinya menerima uang. Namun, pengurus parpol menyebut uang itu sebagai uang transport selama mengikuti kampanye.

Hal yang sama dikatakan Hendro, warga Porong. Pria yang bekerja serabutan ini mengaku dia dan teman-temannya mendapatkan uang transport dari pengurus partai berlambang kepala burung garuda ini. "Saya tidak mengkategorikan hal ini sebagai money politic. Karena bagaimanapun saya datang ke sini kan butuh ongkos. Sedangkan soal pilihan, itu tergantung hati saya," ujarnya.

Ketua Panwaslu Jatim Sri Sugeng Pudjiatmoko menyatakan siap menindaklanjuti dugaan pelanggaran kampanye Partai Gerindra. Pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Panwaslu Sidoarjo untuk menentukan apakah yang dilakukan partai itu melanggar aturan kampanye.

Jika ditemukan pelanggaran dalam kampanye, Panwaslu sudah menyiapkan beberapa sanksi berupa surat peringatan atau teguran hingga larangan kampanye. "Bila dikategorikan pelanggaran berat, kami siap mencabut izin kampanye parpol yang bersangkutan," kata Sri Sugeng. (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar