Mau UANG???... Buruan GRATIS Registrasi KLIK DISINI

Senin, 08 Maret 2010

DPRD Jatim Tetapkan Syarat Lapindo Jadi Lokasi Wisata

Warta Jatim, Surabaya - DPRD Jawa Timur setuju menjadikan kawasan lumpur Lapindo menjadi lokasi wisata, dengan syarat. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim akan meluncurkan paket wisata lumpur Lapindo pada Majapahit Travel Fair di Surabaya, 19 Mei 2010.

DPRD Jatim mendukung rencana tersebut dengan syarat Pemerintah Provinsi melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat setempat berpartisipasi. “Meski tujuan penetapan kawasan wisata bermaksud baik, harus memikirkan dampak sosial yang ditimbulkan,” kata Wakil Ketua DPRD Jatim Sirmadji, Senin (8/3).

Namun Sirmadji menilai rencana peluncuran kawasan wisata lumpur Lapindo pada 19 Mei terlalu cepat. Sebab, ada beberapa persyaratan lain yang wajib dipenuhi, seperti keselamatan pengunjung.

Penetapan kawasan lumpur Lapindo sebagai tempat wisata seharusnya tidak semata untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Namun, lebih pada memberdayakan warga setempat dengan melibatkan dalam pengelolaan. “Kalau Pemprov Jatim sudah berkomitmen dengan slogan APBD prorakyat, mau atau tidak mereka harus menunjukkan hal itu. Salah satunya kerja sama dengan warga korban lumpur,” ujar Sirmadji. (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar