Mau UANG???... Buruan GRATIS Registrasi KLIK DISINI

Selasa, 28 April 2009

Jawa Timur Siapkan Rp 58 Miliar Cegah Flu Babi

Warta Jatim, Surabaya – Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan Rp 58 miliar untuk mengatasi kemungkinan penyebaran flu babi di wilayahnya. Dana tersebut diambil dari anggaran tidak terduga APBD Tahun 2009.

Gubernur Jatim Soekarwo mengaku telah memanggil Kepala Dinas Kesehatan Pawik Supriadi dan Kepala Dinas Peternakan Sigit Hanggono, Selasa (28/4). Mereka diperintah segera berkoordinasi dengan Departemen Kesehatan, terkait penanganan dan pencegahan flu babi.

Menurut Sukarwo, meski Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari mengatakan wabah flu babi kecil kemungkinan menyebar ke Jatim, pihaknya tetap waspada menghadapi kemungkinan berkembangnya virus ini. “Meski peryataan Menkes sudah jelas, kami tidak ingin kecolongan, seperti wabah flu burung lalu. Soal dana, saya harap Dinkes dan Dinas Peternakan segera mengalkulasi jumlah anggaran yang dibutuhkan.”

Kepala Dinas Peternakan Sigit Hanggono mengatakan, beberapa daerah rawan penyebaran virus flu babi di Jatim adalah Kabupaten Sidoarjo, Lumajang, dan Tulungagung karena terdapat peternakan babi.

Sigit Hanggoro meminta bagian karantina hewan di pelabuhan dan bandara meningkatkan pengawasan untuk mencegah penyebaran virus ini ke Jatim. “Bagi petugas karantina, saya menyarankan segera mengarantina hewan yang sakit. Terlebih hewan dari luar negeri seperti Amerika dan negara lainnya,” ujarnya. (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar